BANTUAN PENUNJANG KESEHATAN DHUAFA (BPKD)

Kesehatan adalah kebutuhan dasar manusia. Kesehatan juga merupakan nikmat Allah yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Nabi bersabda : “Ada dua nikmat yang senantiasa diinginkan oleh setiap manusia yaitu kesehatan dan kelapangan” (HR. Bukhari).  Maka tidak mengherankan apabila semua manusia mengusahakan demi terwujudnya kesehatan. Karena hidup sehat juga sebagai sarana dan syarat pertama kesempurnaan ibadah. Untuk itu manusia wajib berusaha memelihara kesehatan secara terus menerus agar tetap sehat bila perlu selalu meningkat.

Perlu disadari bahwa hidup dan mati, sehat dan sakit, semuanya ketentuan Allah SWT. Manusia yang sakit wajib yakin bahwa musibah sakit yang menimpa dirinya adalah pemberian Allah, dan wajib pula yakin bahwa Allah jua yang akan mencabut sakitnya untuk menjadi sembuh kembali. Untuk itu manusia yang mendapat cobaan berupa sakit wajib bersabar, ridho, ikhlas dan berikhtiar untuk berobat serta dibarengi dengan doa dan tawakal. Wajib berikhtiar berobat merupakan usaha nyata untuk memperoleh kesembuhan.

Namun demikian, ikhtiar ini sering kali berbenturan masalah dana. Oleh karenanya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Madiun ikut ambil bagian dalam masalah ini, yakni melalui pentasyarufan “Program Madiun Sehat” berupa BPKD dalam bentuk bantuan biaya pengobatan. Dalam segi teknis, program ini tidak memerlukan persyaratan yang “jlimet”. Walaupun cukup melalui SMS atau telepon yang disampaikan kepada BAZNAS Kota Madiun, apabila mendapati dhuafa yang sakit  maka petugas BAZNAS Kota Madiun akan bertindak cepat untuk turun ke lokasi pasien, survey kelayakan serta langsung diberikan bantuan biaya penunjang kesehatan. Hal ini merupakan komitmen BAZNAS Kota Madiun dalam mendukung program pemerintah mengenai masalah kesehatan.

Program BAZNAS Kota Madiun ini diharapkan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat Kota Madiun, khususnya uluran tangan para donatur yang telah mempercayakan zakat, infaq dan shodaqohnya melalui BAZNAS Kota Madiun. Karena masalah kesehatan tentunya harus segera mendapat pertolongan dan ditangani dengan cepat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesembuhan dan kesehatan bagi kita semua, khususnya para dhuafa yang tengah mengalami cobaan berupa sakit. Amiin. (*)