PROGRAM MADIUN CERDAS

Dalam rangka turut serta membantu program pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, BAZNAS Kota Madiun memprioritaskan bidang pendidikan melalui PROGRAM ”MADIUN CERDAS” dengan sub-program sebagai berikut :

  1. BANTUAN ALAT SEKOLAH

Bantuan Alat Sekolah Bagi Siswa/Santri Kurang Mampu mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren tiap tahun. Adapun pelaksanaannya ditasyarufkan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional. Pada tahun 2018 telah ditasyarufkan bantuan alat sekolah berupa voucher belanja untuk ditukarkan kebutuhan alat sekolah sesuai kebutuhan anak ybs ke toko muslim yang telah ditunjuk. Adapun Bantuan Alat Sekolah ini sejumlah Rp. 80.500.000,- untuk 222 siswa SD/MI, 96 siswa SMP/MTs dan 137 siswa SMA/SMK/MA serta santri Pondok Pesantren sejumlah 15 santri.

  1. BANTUAN ALAT SEKOLAH (INSIDENTAL)

Bantuan Peralatan Sekolah seperti seragam sekolah, tas dan buku kepada anak kurang mampu diberikan secara insidental. Permintaan untuk program ini baru mencapai Rp. 920.000,- untuk 3 anak dhuafa.

  1. BEA SISWA DHUPRES (DHUAFA PRESTASI)

Beasiswa Prestasi bagi siswa SMA/SMK/MA yang benar-benar tidak mampu secara berkelanjutan sampai dengan lulus. Untuk tahun 2018 telah ditasyarufkan bantuan beasiswa kepada 127 anak @ Rp. 1.200.000 per-tahun dengan jumlah bantuan Rp. 152.400.000,-.

  1. BIMBINGAN BELAJAR “BERANDA” (BERsama Anak Dhuafa ceriA)

Menyelenggarakan Bimbingan Belajar dengan memberikan les privat tambahan mengenai mata pelajaran sekolah bagi anak dhuafa. Kegiatan ini dilakukan dengan alasan bahwa masih banyak ditemui anak kurang mampu (dhuafa) yang karena ketidakmampuannya mengikuti les privat sehingga menyebabkan prestasi belajarnya juga tidak sesuai yang diharapkan. Dan Alhamdulillah pada tahun 2018 program ini dapat dilaksanakan di 12 kelurahan untuk bimbel tingkat SD/MI dan di 10 kelurahan untuk bimbel tingkat SMP/MTs.